Jumat, 15 Juli 2011

0
Software Ergonomi Ergoeaser

Software ErgoEASER 2003
QEC (Quick Exposure Checklist) adalah metode untuk penilaian terhadap risiko kerja yang berhubungan dengan gangguan otot di tempat kerja. Penilaian pada QEC dilakukan pada tubuh statis (body static) dan kerja dinamis (dynamic task) untuk memperkirakan tingkat risiko dari postur tubuh dengan melibatkan unsur pengulangan gerakan.
Software ErgoEASER dikembangkan oleh Pacific Northwest Laboratory untuk Departemen Energi Amerika Serikat. ErgoEASER Ergonomic Analysis Tool dimaksudkan untuk memberikan kesadaran akan pentingnya ergonomi pada areal kerja. VDT Workstation Analysis pada software ErgoEASER adalah sebuah metode yang dikembangkan dalam bidang ergonomi dan dapat digunakan secara cepat untuk menilai posisi kerja dan tata letak (layout) stasiun kerja berkomputer. Teknologi ergonomi tersebut mengevaluasi postur/posisi kerja seorang operator computer dan faktor layout stasiun kerjanya, termasuk ukuran dimensional kursi. Penilaian postur kerja metode ini dengan cara pemberian analisis apakah pekerjaan beresiko menimbulkan ketidaknyamanan atau tidak. Jika pekerjaan berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan maka akan ditampilkan pula rekomendasi untuk perbaikan perancangan ulang (redesign) pekerjaan tersebut.
Berikut adalah tampilan utama dari Software ErgoEASER
Setelah mengisi Obsever’s Assesement maka selanjutnya klik Next maka akan keluar tampilan seperti berikut :
Setelah mengisi Worker’s Assesement maka selanjutnya klik Calculate maka akan muncul final result seprti berikut :

Software RULA 2004
RULA atau Rapid Upper Limb Assesment dikembangkan oleh Dr. Lynn Mc Attamney dan Dr. Nigel Corlett yang merupakan ergononom dari universitas di Nottingham (University’s NottinghamInstitute of Occupational ergonomics). Pertama kali dijelaskan dalam bentuk jurnal aplikasi ergonomic pada tahun 1993 (Lueder, 1996).
Rapid Upper Limb Assesment adalah metode yang dikembangkan alam bidang ergonomi yang menginvestigasikan dan menilai posisi kerja yang dialakukan oleh tubuh bagian atas. Peralatan ini tidak melakukan piranti khusus dalam memberikan pengukuran postur leher, punggung, dan tubuh bagian atas sejalan dengan fungsi otot dan beban eksternal yang ditopang oleh tubuh. Penilaian dengan menggunakan metode RULA membutuhkkan waktu sedikit untuk melengkapi dan melakukan scoring general pada daftar aktivitas yang mengindikasikan perlu adanya pengurangan resiko yang diakibatkan pengangkatan fisik yang dilakukan operator. RULA diperuntukkan dan dipakai pada bidang ergonomi dengan bidang cakupan yang luas (McAtamney, 1993).
Teknologi ergonomi tersebut mengevaluasi pastur atau sikap, kekuatan dan aktivitas otot yang menimbulkan cidera akibat aktivitas berulang (repetitive starain injuries). Oleh sebab itu metode RULA dikembangkan untuk mendeteksi postur kerja yang berisiko dan dilakukan perbaikan sesegera mungkin (Lueder, 1996).
RULA disediakan untuk menangani kasus yang menimbulkan resiko pada muskuloskeletal saat pekerja melakukan aktivitas. Alat tersebut memberikan penilaian resiko yang objektif pada sikap, kekuatan dan aktivitas yang dilakukan pekerja. RULA telah digunakan di dunia internasional beberapa tahun ini untuk menilai resiko yang dihubungkan dengan Work Related Upper Linb Disorders (WRULD).
Berikut adalah tampilan awal software RULA 2004 saat dioperasikan :
Selanjutnya cari score Upper arm Position di proses 1 pada kategori Wirst and Arm Proses, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan proses akan seperti berikut :
Proses 2 pada kategori Wirst and Arm Proses yaitu mencari score Lower arm Position, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik‘close and save’.
Tampilan proses akan seperti berikut :


Proses 3 pada kategori Wirst and Arm Proses yaitu mencari score Wirst Position, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik‘close and save’.
Tampilan proses akan seperti berikut :
Proses 4 pada kategori Wirst and Arm Proses yaitu mencari score Wirst Twist, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik‘close and save’.
Tampilan proses akan seperti berikut :
Setelah selesai memasukkan score pada semua proses kategori Wirst and Arm Proses maka selanjutnya mencari score Muscle use score. Beri tanda apabila postur sesuai dengan keterangan. dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan akan seperti berikut :
Selanjutnya cari score Force / load process pada kategori Wirst and Arm, Beri tanda apabila postur sesuai dengan keterangan. dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan akan seperti berikut :
Setelah semua score pada ketegory Wirst and Arm terpenuhi maka final score dapat diproses. Tampilannya akan seperti berikut :
Selanjutnya kembali pada Proses 1 namun pada kategori Neck, Trunk and Leg proses dengan mencari score Neck Position, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik‘close and save’. Tampilan proses akan seperti berikut :
Proses 2 pada kategori Neck, Trunk and Leg proses yaitu mencari score Trunk Position, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan proses akan seperti berikut :
Proses 3 pada kategori Neck, Trunk and Leg proses yaitu mencari score Limb Position, berikan score postur sesuai gambar dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan proses akan seperti berikut :
Setelah selesai memasukkan score pada semua proses kategori Neck, Trunk and Leg proses maka selanjutnya mencari score Muscle use score. Beri tanda apabila postur sesuai dengan keterangan. dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’.Tampilan akan seperti berikut:
Selanjutnya cari score Force / load process pada kategori Neck, Trunk and Leg proses, Beri tanda apabila postur sesuai dengan keterangan. dan simpan score proses dengan klik ‘close and save’. Tampilan akan seperti berikut :
Setelah semua score pada ketegory Wirst and Arm terpenuhi maka final score dapat diproses. Tampilannya akan seperti berikut :
Dengan terpenuhinya score pada kedua kategori, maka langkah terakhir adalah menentukan Final score dengan mengklik Final Process. Tampilannya akan seperti berikut

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sarana Berbagi Informasi | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog